Kamis, 17 Juli 2014

LAPORAN KKN TERPADU STIKES ANDINI PERSADA MAMUJU



LAPORAN KEGIATAN POSKO III
KULIAH KERJA NYATA (KKN) TERPADU
STIKES ANDINI PERSADA MAMUJU TAHUN 2014



STIkes Andini Persada.jpg



OLEH : POSKO III
KETUA               : SYAMSIR
SEKRETARIS     : SANTRI ARFAYANA
BENDAHARA     : HERLIN ISMAIL
ANGGOTA         :

1.     LUKMAN
2.     HASTATY
3.     RATNA DWI SUSIATI
4.     NENENG SETIANINGSI
5.     Text Box: SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES)
ANDINI PERSADA MAMUJU SULBAR
TAHUN 2014
MUSDALIPA





6.     MARLINA P.
7.     ARMI
8.     VIVI ASRIATI
9.     FATMAWATI
10. HADRAMIA






STRUKTUR KEPENGURUSAN POSKO III

KKN TERPADU STIKES ANDINI PERSADA MAMUJU

SYAMSIR
KETUA
 
TAHUN 2014









 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 








Text Box: 1.	LUKMAN
2.	FATMAWATI
3.	RATNA DWI SUSIATI
4.	VIVI ASRIATI
5.	ARMI


Text Box: 1.	MUSDALIPA
2.	NENENG SETIANINGSI
3.	HASTATY
4.	MARLINA P.
5.	HADRAMIA
 

 

 

 














 

 

 

 



SATUAN ACARA PEYULUHAN (SAP)

Pokok Bahasan            : Personal Hygiene
Sub Pokok Bahasan     :
1.      Mencuci Tangan
2.      Kesehatan Gigi
Sasaran                        : Murid SDI Mana Iman kelas III–V Dusun Mana Iman
Hari / Tanggal               : Rabu, 27 Mei 2014
Tempat             : SDI Dusun Mana Iman Desa Kalukku Barat
Pukul                            : 10.15-12.30 Wita
Penyuluh                       : Mahasiswa KKN TERPADU STIKES Andini Persada Mamuju
 

A.     Tujuan

1.      Tujuan Umum

Setelah selesai mengikuti pendidikan kesehatan sasaran mampu memahami pentingnya personal hygine

2.      Tujuan Khusus

Setelah dilakukan pendidikan kesehatan 2x120 menit diharapkan sasaran mampu:

a.       Menyebutkan pengertian personal hygiene
b.      Menyebutkan macam-macam bagian dari personal hygiene
c.       Menyebutkan tujuan dari masing-masing personal hygiene yang telah disampaikan
d.      Menyebutkan waktu yang dianjurkan dalam melakukan personal hygiene yang telah disampaikan
e.       Mendemonstrasiakan prosedur pelaksanaan personal hygiene yang telah disampaikan

B.     Kegiatan Penyuluhan

Tahap
Waktu
Kegiatan
Media
Pembukaan



Pelaksanaan
















Penutup





10 Menit



60 Menit
















20 Menit





1.           Mengucapkan salam
2.           Perkenalan
3.           Penyampaian maksud dan tujuan penyuluhan
4.           Menjelaskan pengertian dan manfaat personal hygine
5.           Menjelaskan pengertian, tujuan, dan cara mencuci tangan
6.           Mendemonstrasikan cara mencuci tangan
7.           Memimpin murid untuk mendemonstrasikan cara mencuci tangan
a.            Menjelaskan pengertian, tujuan dan cara Perawatan gigi dan mulut
b.           Mendemonstrasiakan cara menyikat gigi yang benar
c.            Memimpin siswa untuk mendemonstrasikan cara menyikat gigi
8.           Memotifasi siswa agar melakukan kegiatan yang telah diajarkan dalam kehidupan sehari-hari
9.           Mengajukan pertanyaan kembali
10.       Memberikan hasil evaluasi
11.       Menutup dengan salam




Poster
Leaflet dan flipchard

Mencuci tangan media berupa air mengalir dan sabun
sabun, air , dan handuk






Poster,leaflet, flipchad

Sikat gigi, pasta gigi, gelas kumur,dan air
Total
90 Menit


 
C.     Metode
1.      Ceramah
2.      Diskusi
3.      Demonstrasi






E.     Setting Tempat


 











Ket :
A : Penyampai materi
Ket :
A : Penyuluh
B : Peserta didik
C : Moderator
D : Fasilitator
E : Observer
F.      Pengorganisasian :
1.      Moderator       : Syamsir
2.      Penyuluh          : Hartaty, Lukman, Herlin
3.      Fasilitator        : Ratna Dwi Susiati
4.      Observer         : Santri Arfayana dan Neneng
G.    Rincian Tugas Pengorganisasian
1.      Moderator :
a.       Membuka kegiatan dengan mengucapkan salam.
b.      Memperkenalkan diri
c.       Menjelaskan tujuan dari penyuluhan
d.      Menyebutkan materi yang akan diberikan
e.       Memimpin jalannya penyuluhan dan menjelaskan waktu penyuluhan
f.        Menulis pertanyaan yang diajukan peserta penyuluhan.
g.       Menjadi penengah komunikasi antara peserta dan pemberi materi.
h.       Mengatur waktu kegiatan penyuluhan
2.      Penyuluh :
a.       Menggali pengetahuan keluarga tentang pengertian diet seimbang bagi lansia
b.      Menjelaskan materi mengenai diet seimbang bagi lansia
c.       Menjawab pertanyaan peserta
1.      Fasilitator :
a.       Menyiapkan tempat dan media sebelum memulai penyuluhan
b.      Mengatur teknik acara sebelum dimulainya penyuluhan
c.       Memotivasi keluarga klien agar berpartisipasi dalam  penyuluhan
d.      Memotivasi keluarga untuk mengajukan pertanyaan saat moderator memberikan kesempatan bertanya
e.       Membantu pembicara menjawab pertanyaan dari peserta
f.         Membagikan leaflet kepada peserta di akhir penyuluhan
2.      Observer :
a.       Mengobservasi jalannya proses kegiatan
b.      Mencatat perilaku verbal dan non verbal peserta selama kegiatan penyuluhan saat berlangsung
D.    Media
Alat yang digunakan untuk penyuluhan adalah :
1.      Poster
2.      Leaflet
3.      Flip Chart
4.      Papan tulis
5.      Alat peraga
a.       Handuk
b.      Sabun mandi
c.       Sikat gigi
d.      Pasta gigi
e.       Gelas plastic
f.        Ember
g.       Gayung
h.       Air
i.         Phanthom gigi
E.     Evaluasi
1.      Persiapan
1.      Sasaran dan media disiapkan sebelum proses penyuluhan kesehatan
2.      Materi yang digunakan sudah siap
3.      Siswa sudah siap ditempat yang ditentukan
2.      Proses
a.       Proses kegiatan penyuluhan berjalan dengan lancar
b.      Sasaran mudah untuk mendemonstrasikan ulang
3.      Hasil
Setelah dilakukan kegiatan penyuluhan sasaran mampu :
a.       Menyebutkan pengertian personal hygiene
b.      Menyebutkan macam – macam personal hygiene
c.       Menyebutkan tujuan dan cara masing – masing personal hygiene
d.      Mendemonstrasikan ulang cara melakukan personal hygiene yang benar

Dartar Pertanyaan :

1.      Apakah yang dimaksud dengan personal hygiene?
2.      Sebutkan macam – macam dan tujuan personal hygiene ?
3.      Terangkan langkah–langkah prosedur masing–masing personal hygiene ?
4.      Coba praktekkan cara melakukan personal hygiene dengan benar ?














DAFTAR PUSTAKA
Kozier, Barbara. 2000. Fundamental of Nursing : oncept, process and practice, Edisi sembilan, MenlSo Park, California.
Wictk et all. 1981, Illustrated Annual of Nursing Techniques, Edisi ke–3,      JB Lippincolt Company, Philadelphia.

























SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP)
Pokok Bahasan            : Hidup Sehat
Sub Pokok Bahasan     : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
Sasaran                        : Masyarakat Dusun Mana Iman Desa Kalukku Barat
Hari / Tanggal               : Jumat, 23 Mei 2014
Tempat             : Masjid Al-Muflihun Dusun Mana Iman Desa Kalukku Barat
Pukul                            : 15.30-17.00 Wita
Penyuluh                       : Mahasiswa KKN TERPADU STIKES Andini Persada Mamuju
 

A.     Tujuan
1.      Tujuan khusus :
a.       Tersedianya pedoman pelaksanaan program PHBS Kabupaten/Kota percontohan untuk meningkatkan cakupan rumah tangga berperilaku hidup bersih dan sehat.
b.      Terlaksananya pengembangan Kabupaten/Kota percontohan program PHBS
c.       Meningkatnya cakupan rumah tangga berperilaku hidup bersih dan sehat
d.      Meningkatnya Desa/Kelurahan dan Kabupaten/Kota Sehat
2.      Tujuan umum :
a.       Acuan bagi lintas program dan lintas sektor dalam rangka pengembangan
b.      program PHBS percontohan untuk meningkatkan cakupan rumah tangga
c.       berperilaku hidup bersih dan sehat secara bertahap dan berkesinambungan
d.      menuju Kabupaten/Kota Sehat.
B.     Materi ( Terlampir )
1.      Pengertian PHBS
2.      Ciri-ciri Rumah Sehat
3.      Indikator dalam Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat
4.      Tujuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Di Masyarakat
5.      Manfaat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
C.     Media
1.      LCD
2.      Leaflet
D.    Metode penyuluhan
3.      Simposium
4.      Diskusi (Tanya jawab)
E.     Setting Tempat












Ket :
A : Penyaji materi
B : Peserta didik
C : Moderator
D : Fasilitator
E : Observers
F.      Pengorganisasian :
1.      Moderator       : Vivi
2.      Penyuluh          : Lukman
3.      Fasilitator        : Hartaty
4.      Observer         : Santri Arfayana dan Herlin Ismail
G.    Rincian Tugas Pengorganisasian
1.      Moderator :
a.       Membuka kegiatan dengan mengucapkan salam.
b.      Memperkenalkan diri
c.       Menjelaskan tujuan dari penyuluhan
d.      Menyebutkan materi yang akan diberikan
e.       Memimpin jalannya penyuluhan dan menjelaskan waktu penyuluhan
f.        Menulis pertanyaan yang diajukan peserta penyuluhan.
g.       Menjadi penengah komunikasi antara peserta dan pemberi materi.
h.       Mengatur waktu kegiatan penyuluhan
3.      Penyuluh :
d.      Menggali pengetahuan keluarga tentang pengertian diet seimbang bagi lansia
e.       Menjelaskan materi mengenai diet seimbang bagi lansia
f.        Menjawab pertanyaan peserta
5.      Fasilitator :
g.       Menyiapkan tempat dan media sebelum memulai penyuluhan
h.       Mengatur teknik acara sebelum dimulainya penyuluhan
i.         Memotivasi keluarga klien agar berpartisipasi dalam  penyuluhan
j.        Memotivasi keluarga untuk mengajukan pertanyaan saat moderator memberikan kesempatan bertanya
k.      Membantu pembicara menjawab pertanyaan dari peserta
l.          Membagikan leaflet kepada peserta di akhir penyuluhan
6.      Observer :
c.       Mengobservasi jalannya proses kegiatan
d.      Mencatat perilaku verbal dan non verbal peserta selama kegiatan penyuluhan saat berlangsung
i.        Kegiatan Penyuluhan
No.
Waktu
Kegiatan
Pembicara
Peserta
1.
5 menit
Pembukaan
1.      Memberi salam
2.      Memperkenalkan diri
3.      Menyampaikan topik
4.      Menjelaskan tujuan penyuluhan
5.      Melakukan kontrak waktu

1.      Menjawab salam
2-5) Mendengarkan dan Memperhatikan

20    menit
Isi
1.         Pengertian Pola Hidup bersih dan Sehat (PHBS)
2.         Ciri-ciri Rumah Sehat
3.         Indikator dalam Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat

4.         ujuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Di Masyarakat
5.         Manfaat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Mendengarkan dan memperhatikan
3.
15 menit
Evaluasi
1.      Memberikan kesempatan pada peserta untuk bertanya
2.      Menanyakan kembali pada peserta tentang materi yang disampaikan

1.      Bertanya

2.      Menjawab
4.
10 menit
Penutup
1.      Menyimpulkan materi
2.      Memberi salam

1.      Mendengarkan
2.      Menjawab salam

j.        Evaluasi
1.      Warga Desa Bumi Kendedes dapat menjawab beberapa petanyaan seperti berikut :
a.       Apakah pengertian PHBS?
b.      Apakah 10  indicator PHBS?
c.       Bagaimana Klasifikasi PHBS?
d.      Siapa saja yang menjadi sasaran PHBS?
2.      Evaluasi pemograman
a.       Peserta hadir di tempat penyuluhan Tepat waktu. Yaitu Pukul 15.30 Wita
b.      Penyelenggaraan Penyuluhan dilakukan di Masjid Al-Muflihun Dusun Mana Iman Desa Kalukku Barat
c.       Pengorganisasian penyelenggaraan penyuluhan dilakukan  satu minggu sebelumnya (Satuan Acara Penyuluhan)
d.      Tidak ada peserta penyuluhan yang meninggalkan tempat sebelum penyuluhan selesai
e.       Masing-masing anggota tim bekerja sesuai dengan tugas
f.        Peserta antusias terhadap materi penyuluhan
g.       Hasil : Peserta mengerti dan memahami penjelasan yang diberikan oleh penyuluh

PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)
A.     Definisi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS)
Perilaku Sehat adalah pengetahuan, sikap, dan tindakan proaktif untuk memelihara dan mencegah resiko terjadinya penyakit, melindungi diri dari ancaman penyakit, serta berperan aktif dalam Gerakan Kesehatan Masyarakat (Depkes, 2008).
Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) adalah semua perilaku yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan dimasyarakat (Depkes, 2008).
Perilaku Hidup Berih Dan Sehat (PBHS) adalah sebagai wujud operasional promosi kesehatan merupakan dalam upaya mengajak, mendorong kemandirian masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat (Ekasari, 2008).
Berdasarkan beberapa defenisi PHBS adalah upaya untuk mewujudkan kesehatan anggota keluarga agar tahu, mau dan mampu melaksakan perilaku hidup bersih dan sehat.
Beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh sanitasi yang kurang baik serta pembuangan sampah dan air limbah yang kurang baik diantaranya adalah:
1.      Diare
2.      Demam berdarah
3.      Disentri
4.      Hepatitis A
5.      Kolera
6.      Tiphus
7.      Cacingan
8.      Malaria
B.     Ciri-Ciri Rumah Sehat
Ada 5 ciri-ciri rumah sehat menurut Notoadmodjo (2007) sebagai berikut:
1.      Bahan bangunan
Bahan bangunan terbuat dari lantai ubin atau semen, dinding terbuat dari tembok, atap rumah terbuat dari genteng atau seng.
2.      Ventilasi
Ventilasi rumah mempunyai banyak fungsi yaitu untuk menjaga agar aliran udara dalam rumah tersebut tetap segar, untuk membebaskan udara ruangan dari bakteri-bakteri, untuk menjaga agar ruangan rumah selalu tetap dalam kelembaban yang optimum.
3.      Cahaya
Rumah yang sehat memerlukan cahaya yang cukup, tidak kurang dan tidak  terlalu banyak.
4.      Luas bangunan rumah
Luas lantai bangunan rumah sehat harus cukup untuk penghuni di dalamnya, artinya luas lantai bangunan tersebut harus disesuaikan dengan jumlah penghuninya.
5.      Fasilitas-fasilitas dalam rumah sehat
Rumah yang sehat harus mempunyai fasilitas-fasilitas yaitu penyediaan air bersih yang cukup, pembuangan tinja, pembuangan air limbah, pembuangan sampah, fasilitas dapur, ruang berkumpul keluarga.
C.     Indikator Dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
1.      Pertolongan Persalinan oleh Tenaga Kesehatan
Pertolongan persalinan pada ibu yang dilakukan oleh tenaga kesehatan (dokter, bidan, paramedis lainnya) sebagai penolong pertama dalam proses lahirnya janin bayi, pemotongan tali pusat dan keluarnya plasenta.
2.      Bayi diberi ASI Sejak Lahir sampai berusia 6 bulan
Bayi yang berumur 0-6 bulan yang mendapat ASI sejak lahir sampai umur 6 bulan tanpa makanan tambahan.
3.      Mempunyai Jaminan Pemeliharaan Kesehatan
Setiap pendudukmempunyai jenis pembiayaan pra-upaya seperti Askes, Jamsostek/Astek, Asuransi Perusahaan/Kantor, dan Dana Sehat.
4.      Ketersediaan Air Bersih
Sumber air minum rumah tangga yang berasal dari sumber air dalam kemasan, leding, pompa, sumur terlindung, serta mata air terlindung minimal berjarak 10 meter dari tempat penampungan kotoran atau limbah.
5.      Ketersediaaan Jamban --- Rumah tangga menggunakan jamban leher angsa dengan tangki septik atau lubang penampungan sebagai pembuangan akhir.
6.      Kesesuaian Luas Lantai Dengan Jumlah Penghuni
Luas lantai rumah yang ditempati dan digunakan untuk keperluan sehari- hari dibagi dengan jumlah penghuni minimal 9 m².
7.      Lantai Rumah Bukan Dari Tanah
Lantai rumah yang digunakan dari permanen atau lantai papan (rumah panggung).
8.      Makan Buah Dan Sayur Setiap Hari
Anggota keluarga yangberumur 15 tahun keatas mengkonsumsi sayur dan buah dengan perimbangan minimal 2 porsi sayur dan 3 porsi buah atau sebaliknya 3 porsi sayur dan 2 porsi buah selama 7 hari dalam seminggu.
9.      Melakukan Aktivitas Fisik Setiap Hari
Anggota keluarga yang berumur 15 tahun keatas yang melakukan aktivitas seperti olah raga selama 10 menit, setiap hari minimal 5 hari dalam satu minggu.
10.  Tidak Merokok di Dalam Rumah
Anggota keluarga yangberumur 15 tahun ke atas tidak ada yang merokok didalam rumah setiap hari/kadang-kadang.
D.    Tujuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Di Masyarakat
Menurut Ekasari, dkk (2008) Tujuan perilaku hidup bersih dan sehat di masyarakat sebagai berikut:
1.      Masyarakat mampu mengupayakan lingkungan sehat
2.      Masyarakat mampu mencegah dan mangatasi masalah-masalah kesehatan yang    dihadapinya
3.      Masyarakat memanfaatkan pelayanan kesehatan yang ada untuk penyembuhan penyakit dan peningkatan kesehatannya.
4.      Masyarakat mampu mengembangkan Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat untuk pencapaian PHBS di rumah tangga, seperti penyelenggaraan posyandu, jaminan pemeliharaan kesehatan, tabungan ibu bersalin dan sosial ibu bersalin, ambulan desa, kelompok
5.      Pemakaian air dan pembersihan jamban.
E.     Manfaat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
Menurut Ekasari, dkk (2008) Manfaat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai berikut:
1.      Setiap rumah tangga meningkat kesehatannya dan tidak mudah sakit.
2.      Anak tumbuh sehat dan cerdas.
3.      Produktivitas kerja anggota keluarga meningkat.
4.      Pengeluaran biaya rumah tangga dapat dialihkan untuk pemenuhan gizi keluarga, biaya pendidikan dan modal usaha untuk peningkatan pendapatan keluarga.



SATUAN  ACARA PENYULUHAN (SAP)
Pokok Bahasan                        : Tanaman Obat Keluarga (TOGA)
Sub Pokok Bahasan                 : Pengertian TOGA Beserta Cara Pengolahannya
Waktu                                      : 30 menit
Pembawa Materi                      : Vivi Asriati
Tempat                         : Di Masjid Dusun Manaiman
Sasaran                                    : Masyarakat Dusun Manaiman dan Dusun Panamba Barat
 

A.     Latar Belakang
Berdasarkan data yang diperoleh dari dusun kayu mate dan malolo, diketahui bahwa masyarakat di dusun tersebut masih kurang mengerti tentang pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA) beserta cara pengolahannya.
B.     Tujuan
1.   Tujuan Umum
Meningkatkan pengetahuan tentang tanaman obat keluarga (TOGA)
2.   Tujuan Khusus
a. Masyarakat dapat mengetahui pengertian tentang tanaman obat keluarga (TOGA)
b.  Masyarakat dapat mengetahui cara pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA)
c. Masyarakat dapat mengetahui tentang cara pengolahan tanaman obat keluarga (TOGA)
C.     Materi
Terlampir
D.    Metode
Ceramah dan Tanya jawab
E.     Media
LCD







F.      Susunan Kegiatan
Tahap
waktu
Kegiatan penyuluhan
Kegiatan peserta
metode
media
Awal
5 menit
1.   Mengucapkan salam
2.   Memperkenalkan diri
3.   Menyampaikan kontrak waktu
4.   Menjelaskan sekilas tentang materi penyuluhan
1.      Menjawab

2.      Memperhatikan

3.      Memperhatikan

4.      Memperhatikan

ceramah

Kerja
15 menit
1.   Menjelaskan tentang sanitasi lingkungan

2.   Macam-macam tanda bahya pada ibu hamil

3.   Cara pemakain dan penggelolaan  obat tradisional (toga)
1.    Memperhatikan





2.   Memperhatikan

3.Memperhatikan
Ceramah dan Tanya jawab

Tanya jawab



Tanya jawab
LCD
Leafchart
Penutup
10 menit
1.      memberi kesempatan ibu untuk bertanya
2.      menjawab pertanyaan
3.      mengajuakan pertanyaan
4.      mengklasifikasikan jawaban
5.      menyimpulkan

6.      mengakhiri pembicaraan
7.      mengucapkan terimakasih
8.      salam
1.      bertanya


2.      memperhatikan

3.      menjawab

4.      memperhatikan

5.      memperhatikan

6.      memperhatikan

7.      menjawab


8.      salam

LCD
Leafchart

G.    Evaluasi
1.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan tanda tanaman obat keluarga (TOGA)
2.  bagaimana cara pengolahan dan pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA)
H.    Referensi
Buku “Sehat Dengan Tanaman Obat Indonesia”  (Drs.Koes irianto)
I.       Lampiran Materi
1.      Defenisi
Taman obat keluarga(TOGA) adalah tanaman hasil budidaya yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang  yang digunakan khusus untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat (apotek hidup).(Adiputra, 2009)
Toga adalah singkatan dari Tanaman Obat  keluarga. Tanaman obat keluarga pada hakekatnya sebidang tanah baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun Tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat , khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.(Anonymousa, 2012)
2.      Manfaat Tanaman Toga
Pemanfaatan TOGA: untuk memenuhi keperluan alam bagi kehidupan, termasuk keperluan untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan secara tradisional (obat). Kenyataan menunjukkan bahwa obat yang berasal dari sumber bahan alami khususnya tanaman telah memperlihatkan peranannya dalam penyelenggaraan upaya-upaya kesehatan masyarakat.
Sejak terciptanya manusia di permukaan bumi, telah diciptakan pula alam sekitarnya mulai dari sejak itu pula manusia mulai mencoba memanfaatkan alam sekitarnya untuk memenuhi keperluan alam bagi kehidupannya, termasuk keperluan obat-obatan untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan. Kenyataan menunjukkan bahwa dengan bantuan obat-obatan asal bahan alam tersebut, masyarakat dapat mengatasi masalah-masalah kesehatan yang dihadapinya. Hal ini menunjukkan bahwa obat yang berasal dari sumber bahan alam khususnya tanaman telah memperlihatkan peranannya dalam penyelenggaraan upaya-upaya kesehatan masyarakat.
Pemanfaatan TOGA yang digunakan untuk pengobatan gangguan kesehatan keluarga menurut gejala umum adalah:
a.       Demam panas
b.      Batuk
c.       Sakit perut
d.      Gatal-gatal
3.      Fungsi Tanaman Toga
Salah satu fungsi Toga adalah sebagai sarana untuk mendekatkan tanaman obat kepada upaya-upaya kesehatan masyarakat yang antara lain meliputi:
1.      Upaya preventif (pencegahan)
2.      Upaya promotif (meningkatkan/menjaga kesehatan)
3.      Upaya kuratif (penyembuhan penyakit) selain itu juga berfungsi untuk
Sarana untuk memperbaiki status gizi masyarakat, sebab banyak tanaman obat yang dikenal sebagai tanaman penghasil buah-buahan atau sayur-sayuran misalnya lobak, saledri, pepaya dan lain-lain.
1)      Sarana untuk pelestarian alam.
2)      Pelestarian tanaman bermanfaat, Apabila pembuatan tanaman obat alam tidak diikuti dengan upaya-upaya pembudidayaannya kembali, maka sumber bahan obat alam itu terutama tumbuh-tumbuhan akan mengalami kepunahan.
3)      Penghijauan.
4)      Untuk menghijaukan bukit-bukit yang saat ini mengalami penggundulan, dapat dianjurkan penyebarluasan penanaman tanaman obat yang berbentuk pohon-pahon misalnya pohon asam, pohon kedaung, pohon trengguli dan lain-lain.
5)      Sarana untuk pemerataan pendapatan.
6)      Toga disamping berfungsi sebagai sarana untuk menyediakan bahan obat bagi keluarga dapat pula berfungsi sebagai sumber penghasilan bagi keluarga tersebut.

7)      Sarana keindahan.
Dengan adanya Toga dan bila di tata dengan baik maka hal ini akan menghasilkan keindahan bagi orang/masyarakat yang ada disekitarnya. Untuk menghasilkan keindahan diperlukan perawatan terhadap(Lilis, 2009).
4.      Jenis-Jenis Tanaman Untuk TOGA
Jenis tanaman yang harus dibudidayakan untuk tanaman obat keluarga adalah jenis-jenis tanaman yang memenuhi kriteria sebagai berikut:
a.       Jenis tanaman disebutkan dalam buku pemanfaatan tanaman obat.
b.      Jenis tanaman yang lazim digunakan sebagai obat didaerah pemukiman.
c.       Jenis tanaman yang dapat tumbuh dan hidup dengan baik di daerah pemukiman.
d.      Jenis tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain misalnya: buah-buahan dan bumbu masak
e.       Jenis tanaman yang hampir punah
f.        Jenis tanaman yang masih liar
g.       Jenis tanaman obat yang disebutkan dalam buku pemanfaatan tanaman adalah tanaman yang sudah lazim di tanam di pekarangan rumah atau tumbuh di daerah pemukiman.
5.      Petunjuk Penggunaan Tanaman Obat
Dalam menggunakan tumbuhan obat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehingga hasil pengobatan yang maksima. Bacalah dengan seksama semua petunjuk seputar timbuhan obat di bawah ini.
6.      Waktu Pengumpulan
Guna mendapatkan bahan yang terbaik dari tumbuhan obat, perlu diperhatikan saat-saat pengumpulan atau pemetikan bahan berkhasiat. Berikut ini pedoman waktu pengumpulan bahan obat secara umum.
a.       Daun dikumpulkan sewaktu tanaman berbunga dan sebelum buah menjadi masak.
b.      Bunga dikumpulkan sebelum atau segera setelah mekar.
c.       Buah dipetik dalam keadaan masak.
d.      Biji dikumpulkan dari buah yan g masak sempurna.
e.       Akar, rimpang (rhizome), umbi (tuber), dan umbi lapis (bulbus) dikumpulkan sewaktu proses tumbuhan berhenti.

FOTO-FOTO KEGIATAN











Persiapan kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) I di rumah Kepala Dusun Panamba Barat


Proses pembuatan sovenir untuk murid yang bisa memperagakan cara cuci tangan dan sikat gigi









Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) I di rumah Kepala Dusun Panamba Barat











Penyuluhan Kesehatan di sekolah SDI Mana Iman


BAKSOS di halaman Masjid Al-Muflihun Dusun Mana Iman




Isra Mi’raj di Masjid Al-Muflihun Dusun Mana Iman




 












Penyuluhan Kesehatan di Masjid Al-
Muflihun Dusun Mana Iman




Proses pembuatan kebunTOGA





Proses pembuatan pagar kebun TOGA


Kunjungan pada anak Post op Hidrocepalus di Dusun Panamba Barat







Penyuluhan Kesehatan di sekolah DMK Budi Mulia Kalukku


Proses pendataan








Proses tabulasi data



Kunjungan ke Klien ibu hamil






Sirkum Massal






Kerja bakti di halaman rumah Kepala Dusun Panamba Barat





Tidak ada komentar:

Posting Komentar